jump to navigation

Prabowo Terkaya, SBY ‘Termiskin’ Juli 2, 2009

Posted by Mr Groov3 in Uncategorized.
trackback

Harta Prabowo Rp 1,7 triliun berupa perusahaan, saham, mobil dan kuda

Jakarta, KOMENTAR
Nama Prabowo Subianto disebut-sebut sebagai cawapres terkaya dibanding capres-cawapres lainnya yang akan bertarung di Pilpres 2009 ini. Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani membeberkan, total harta kekayaan jen-deral berdarah Langowan itu berkisar Rp 1,6 sampai 1,7 triliun. Rincian total harta kekayaan cawapres Megawati ini mulai dari aset perusahaan, saham, sampai kuda.
“Totalnya saya kurang tahu pasti, tapi dari Rp 1,6 sampai Rp 1,7 triliun. Sebagian besar itu adalah aset-aset perusa-haan dan saham-saham,” ungkap Muzani usai membe-rikan laporan harta kekayaan Prabowo Subianto di Gedung KPK, Jalan Rasuna Said, Se-nin (18/05) kemarin.
3670Menurut Muzani, Prabowo memiliki 27 perusahaan yang bergerak di bidang perkebun-an, pertambangan dan peter-nakan. Untuk uang tunai, kata Muzani, Prabowo mela-porkan dalam bentuk rupiah sebesar Rp 28 miliar. Se-dangkan dalam bentuk dolar AS, Muzani tidak tahu pasti jumlahnya. “Uang dalam ben-tuk dolar, 12 ribu, 18 ribu, 14 ribu,” ujar Muzani menjum-lahkan. Harta berjubel Prabowo dalam bentuk saham juga ter-sebar di Argentina dan Prancis.
Prabowo juga memiliki peter-nakan kuda di Jakarta. “Jum-lah kudanya 84 atau 94. Saya lupa. Jenisnya macam-ma-cam,” imbuhnya. Sementara untuk kendaraan, Prabowo menurutnya memiliki sekitar 10 mobil dan kendaraan lain-nya. “Mulai motor sampai Land Cruiser dan Lexus,” ujar-nya, seraya menambahkan bahwa mantan Pangkostrad itu tidak memiliki pesawat.
Pengamat politik Universitas Indonesia Iberamsyah ber-pendapat, Prabowo sebagai capres paling kaya, cukup wajar. Kekayaan itu diperoleh karena memang yang ber-sangkutan adalah keluarga pengusaha. “Jadi individunya memang sudah kaya raya,” kata dia. Di sisi lain, Prabowo juga disebut-sebut memiliki kedekatan dengan Raja Yor-dania, yang dinilai berpenga-ruh terhadap kekayaannya.
Soal ini orang dekat Pra-bowo, Fadli Zon mengatakan, kedekatan dengan Raja Yor-dania tidak ada urusan de-ngan kekayaan Prabowo. “Ka-lau ada yang mengatakan ka-mi disumbang oleh Yordania, maka dia harus belajar dulu masalah geografi dan kepen-dudukan biar tahu bagaimana kondisi Yordania itu. Justru kami yang bisa menyumbang negara tersebut,” katanya.
Fadli Zon menambahkan, Gerindra sendiri menerima dana sumbangan dari kader Gerindra yang tersebar di seluruh Indonesia. Selain itu, sumbangan dari beberapa perusahaan yang dimiliki keluarga Prabowo. “Sumber pendanaan kami jelas asal usulnya dan dari dana yang sah,” kata Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu.
Pada bagian lain, Capres SBY disebut-sebut sebagai ca-pres ‘’termiskin’’. Berdasarkan data kekayaan yang dilansir KPK tahun 2007 lalu, keka-yaan SBY meliputi harta Tidak Bergerak (Tanah dan Bangunan) Rp 2.985.957.000, harta Bergerak (Mobil dan Motor) Rp 509.000.000, serta harta bergerak Lainnya (Lo-gam Mulia dll) Rp.151 Juta dan giro setara kas Rp 3.496. 822.559 (US$ 44.887). Total kekayaan SBY diperkirakan mencapai Rp 7,142.779.559 dan US$ 44.887.
Sedangkan kekayaan Jusuf Kalla, sebagaimana laporan per 7 Mei 2004 silam, men-capai Rp 253 miliar. Keka-yaan JK di antaranya, harta tidak bergerak yang berupa 50 bidang tanah dan di antara terdapat bangunan senilai Rp 80,3 miliar.
JK juga memiliki surat ber-harga senilai Rp 172,6 miliar pada tahun 2007. Kalla juga memiliki sejumlah perusa-haan yang tergabung dalam, Kalla Group.
Sementara, Boediono memi-liki kekayaan Rp 18,66 miliar pada LKHPN tahun 2008. Jumlah ini juga naik dari Rp 13,6 miliar pada tahun 2006. Harta tidak bergerak senilai Rp 5,8 miliar dari Rp 2,28 miliar. Kekayaan ini dipas-tikan akan bertambah. Berda-sarkan aturan penggajian atau remunerasi para anggota Dewan Gubernur BI pada 2007, gaji plus tunjangan-tunjangan yang diperoleh Boediono sebagai pemimpin bank sentral sebesar Rp 165 juta per bulan.
Jika SBY-Boediono berhasil memenangkan Pemilu Pre-siden 2009 ini, gaji Boediono sebenarnya turun drastis. Pendapatan resmi seorang wapres “hanya” Rp 57,2 juta per bulan saat ini. per bulan. Sedangkan kekayaan Mega-wati diperkirakan mencapai Rp 75,057 miliar sebagai-mana laporan kekayaan per 26 Agustus 2004. Ada ke-mungkinan jumlahnya me-ningkat tahun 2009 ini. Se-dangkan cawapres Wiranto, total kekayaannya mencapai Rp 46,215 miliar sebagai-mana data di KPK 2007 lalu.
BIAYA KAMPANYE
Menyusul informasi banyak-nya kocek Gerindra dan Pra-bowo, berkembang isu bahwa Gerindra yang akan mem-biayai kampanye Mega-Pra-bowo. Namun hal ini dibantah Wakil Ketua Umum Gerindra Fadli Zon. “Tentu saja, soal pen-danaan akan dibiayai secara gotong royong dari PDI Per-juangan dan Gerindra, oleh kader partai, caleg terpilih. Se-muanya akan dibicarakan lebih lanjut. Gerindra tidak yang terbesar menanggung-nya. Intinya, soal biaya secara gotong royong,” ujar Fadli.
Bertindak sebagai ben-dahara, mewakili kedua partai yaitu Tommy Djiwan-dono (Gerindra) dan Daniel Budi Setyawan (PDI Perjua-ngan). “Partai lainnya yang mendukung ikut dilibatkan juga. Tapi utamanya yang punya kunci di DPR yaitu PDIP dan Gerindra,” terang Fadli.(dtc/zal/kc)

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: